Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email
Your Ad Here

Awal berat petualangan Manchester City

Agustus 31, 2012

Grup D adalah grup para jawara. Disamping Man City yang juara Liga Primer Inggris, bercokol Real Madrid yang menjuarai La Liga Spanyol, Borussia Dortmund sang juara Bundesliga Jerman dan Ajax yang memenangi Erevidise Belanda.

Kalau berkaca dari prestasi mereka tahun lalu, dengan lawan yang relatif lebih ringan di babak grup namun Man City gagal lolos ke babak berikutnya, peluang mereka saat ini bisa dikatakan sangat kecil.

Namun Man City kali ini mempunyai rasa percaya diri yang berbeda. Mereka memulai Liga Champions dengan sebutan juara Liga Primer Inggris. Sebutan yang tidak mereka miliki tahun lalu.

Direktur eksekutif pengembangan sepakbola Manchester City, Patrick Vieira, menyebut proses gradual untuk memantapkan posisi di persepakbolaan elit Eropa.

''Bagi kami memenangi Liga Primer dan mendulang pengalaman di Liga Champions tahun lalu memberi rasa percaya diri bahwa kami bisa juara,'' kata Vieira.

''Dimulai dengan meraih Piala FA, kemudian Liga Primer. Semakin sering juara, semakin meningkat rasa percaya diri Anda. Bukan hanya pemain tetapi semua yang terkait dengan klub.''

Itulah sebabnya Vieira mengakui bahwa mereka kemungkinan belum akan bisa menjuarai Liga Champion tahun ini.

''Kami akan bermain hingga sejauh mungkin dalam putaran kompetisi,'' tambah Vieira.
Beda nasib

Nasib bertolak belakang dialami klub sekota Manchester United. Klub yang mendominasi persepakbolaan Inggris selama dua dasawarsa dan tiga kali menjuarai Liga Campions ini malah mendapat grup yang dianggap paling lemah.

Manchester United difavoritkan menjuarai Grup H yang berisi Braga dari Portugal, Galatasaray dari Turki dan klub Rumania, Cluj.

Tetapi di lapangan nasib bisa sangat berbeda. Tahun lalu Man United bernasib tak jauh beda dengan Man City.

Man United tahun lalu juga berada di grup paling lemah, namun salah satu klub raksasa ini malah tersingkir dengan mengenaskan. Bukan itu saja, terlempar ke Liga Europa Man United juga langsung kalah dan tersingkir.

Manajer Man United Alex Ferguson tahu betapa menyakitkan pengalaman itu, ''Setelah pengalaman tahun lalu, kami tidak ingin bertindak bodoh kali ini.''

''Kami akan menurunkan tim terkuat untuk memastikan kami lolos,'' tegasnya.

Di atas kertas, Manchester City menjadi klub Inggris dengan grup paling sulit di Liga Champions kali ini.


Chelsea favorit

Klub Inggris lain, juara bertahan Liga Champions Chelsea bisa dikatakan berada di grup yang seimbang. Semestinya Chelsea lolos dari babak grup yang berisi Juventus, Shakhtar Donetsk dan Nordsjaelland mengingat kualitas pemain yang mereka miliki.

Benar Juventus akan menghadirkan tantangan yang cukup ketat. Tetapi juara Seri A Italia ini bukanlah kekuatan menakutkan seperti beberapa tahun sebelumnya. Klub ini sedang mulai bangkit kembali setelah enam tahun sebelumnya terkena degradasi ke Seri B karena kasus korupsi.

Mereka masih belum pulih sepenuhnya setelah lagi-lagi kontroversi pengaturan skor membayangi prestasi tak terkalahkan Juventus sepanjang kompetisi yang baru lewat. Sang pelatih Antonio Conte juga sedang menjalani larangan menemani anak asuhnya di pertandingan.

Tantangan lain yang harus dihadapi dengan hati-hati adalah Shakhtar Donetsk.

Klub Ukraina ini walau tidak pernah berprestasi bagus di Liga Champions, namun mereka adalah salah satu klub veteran di Liga Champions dan memenangkan Piala UEFA tahun 2009 sebelum format diganti menjadi Liga Europa.

Sementara klub Nordsjaelland dari Denmark relatif bisa diabaikan sebagai saingan dalam grup ini.


Arsenal seimbang

Kekuatan paling seimbang ada di Grup B tempat Arsenal berada. Disamping Arsenal, Montpellier, Schalke dan Olimpiakos ikut mengisi grup ini.

Namun Arsenal sedikit difavoritkan untuk lolos ketimbang klub-klub pengisi grup ini berdasar sejarah penampilan Arsenal di Liga Champions dan rata-rata kekuatan pemain yang ada.

Arsenal akan memulai pertandingan melawan Montpellier, klub asal ujung tombak Oliver Giroud yang dibeli Arsenal dengan harga £10 juta tahun ini.

Pembagian grup Liga Champions:

Group A: Porto, Dynamo Kiev, Paris St Germain, Dinamo Zagreb
Group B: Arsenal, Schalke, Olympiakos, Montpellier
Group C: AC Milan, Zenit St Petersburg, Anderlecht, Malaga
Group D: Real Madrid, Manchester City, Ajax, Borussia Dortmund
Group E: Chelsea, Shakhtar Donetsk, Juventus, FC Nordsjaelland
Group F: Bayern Munich, Valencia, Lille, BATE Borisov
Group G: Barcelona, Benfica, Spartak Moscow, Celtic
Group H: Manchester United, Braga, Galatasaray, CFR Cluj
Terimakasih telah mengunjungi kami, jika ada pertanyaan email ke : sepakbola.biz@gmail.com.
Silahkan meninggalkan pesan dibawah ini. Semoga hari Anda menyenangkan...

0 komentar:

Posting Komentar